content top

Monday, January 18, 2010

Serba-serbi tentang Radio


Oke langsung saja. Siapa di dunia ini yang tidak tahu tentang alat ini? Saya yakin semua orang pasti tahu akan benda yang satu ini, kecuali orang daerah pedalaman. benda di samping ini bernama radio. Kali ini saya akan membahas tentang serba-serbi radio.

Radio adalah suatu alat yang dapat mengeluarkan suatu suara lewat spikernya. Tentu saja hal ini memanfaatkan dari adanya gelombang radio pada suatu daerah tertentu dengan beberapa frekuensi tertentu. Benda ini ditemukan oleh Marconi (Italia) pada tahun 1902, tepatnya ia menemukan deteksi magnet radio.

Sedangkan sistem Transmisi radio yang paling awal ditulis oleh Dr. Mahlon L. berkebangsaan Amerika Serikat pada tanggal 2 Juli 1864. Sistem ini diperagakan di antara dua buah layang-layang berjarak lebih dari 22 km di Bear's Den, Loudoun Country, Virginia, pada Oktober 1866.

Selain itu, siaran radio paling awal dilakukan pada tanggal 24 Desember 1906 oleh Prof. Reginald Aubrey (Kanada) dari tiang dengan tinggi 128 meter di Brant Rock, Amerika Serikat. Dalam transmisi ini, Aubrey berhasil menyiarkan kata-kata tetapi suaranya sangat terganggu. Itu merupakan hal yang wajar karena radio pada saat itu belum canggih seperti radio sekarang.

6 comments:

GADP22 said...

radio iku lho,,
nice post! :D

biji01 said...

ada dengan radio?

Rock said...

Artikel yang sangat bermanfaat...

joe said...

oh gitu toh...
good article neh!!!

Hari said...

Tak pikir posting semua tentang radio, mulai dari radio,radiologi,ato mungkin sampe radioaktif dan dampaknya, tapi biar gimana postingan tetep mantep!!

biji01 said...

@ BiMo_Rider : thx sob dah baca. Sering2 mampir dan komen ya.
Belum sempet posting mengenai radio yang lainnya bro.. xP

Post a Comment

content top