content top

Tuesday, January 26, 2010

Dual Boot Windows Vista dan Windows Xp

Oke kalau begitu. Bagi rekan-rekan blogger yang terlanjur install windows Vista dan ingin kembali pada windows XP tetapi tidak dengan cara menghilangkan windows Vista akan dibahas di sini. Jadi, pada dasarnya windows Vista sudah terinstal pada komputer. Salah satu hal yang menjengkelkan yaitu Vista tidak memperbolehkan usernya untuk downgrade. Jadi anda harus menginstal XP dalam partisi harddisk lainnya. Bisa menggunakan Disk Management pada Vista untuk partisi harddisk tanpa format.









Gambar Disk Management

Langkah yang harus anda tempuh yaitu :

Step 1.
Instal windows XP dengan cara booting ketika komputer menyala. Ingat jika anda menggunakan SATA mode 'AHCI', ganti dulu menjadi 'IDE' melalui BIOS. Setelah itu, pilih dimana drive yang sudah dipartisi tadi untuk diinstal windows XP. Ini seperti menginstal windows XP biasanya.

Step 2.
Setelah anda menginstal windows XP, secara otomatis anda tidak menemukan windows boot untuk vista. Tenanglah jangan khawatir dan jangan panik, Vista anda tidak hilang (kecuali anda telah memformat drive dimana anda instal vista). Cara agar menampilkan boot untuk vista yaitu dengan bantuan software EasyBCD, jangan lupa software ini memerlukan .NET Framework 2.0 untuk dapat dijalankan. Dapat dilihat langsung pada official sitenya. Hal yang perlu diperhatikan yaitu pada bagian 'Add/Remove Entries' dan 'Manage Bootloader' dapat dilihat pada gambar dibawah ini :





















Gambar proses pembuatan boot pada windows XP











Gambar setelah selesai membuat boot untuk kedua OS

Setelah anda membuat bootloader pada EasyBCD, restart komputer anda dan anda akan melihat Windows Boot dimana terdapat pilihan untuk masuk ke Vista atau XP.

Oke itulah beberapa step bagi anda yang kesulitan untuk dual boot Windows Vista dan Windows XP dengan Vista telah terinstal terlebih dahulu.

2 comments:

joe said...

oh gitu toh.... thangks..
ntar ane cob tipsnya...........

biji01 said...

@ joe : thx dah mampir n baca sob :D

Post a Comment

content top